Rabu, 05 Januari 2011

tes psikologi

IDENTIFIKASI MASING-MASING TES PSIKOLOGI

1.      Kognitif

a.       Actual ability (kecakapan nyata),

yaitu kecakapan yang diperoleh melalui belajar (achievement atau prestasi). Misalkan, setelah selesai mengikuti proses perkuliahan (kegiatan tatap muka dikelas), pada akhir perkuliahan mahasiswa diujimoleh dosen tentang materi yang disampaikannya (tes formatif). Ketika mahasiswa mampu menjawab dengan baik tentang pertanyaan dosen, maka kemampuan tersebut merupakan atau kecakapan nyata (achievement).

b.      Potensial ability (kecakapan potensial),

yaitu merupakan aspek kecakpan yang masih terkandung dalam diri individu dan diperoleh dari factor keturunan (herediter). Kecakapan potensil dapat dibagi ke dalam 2 bagian :

a). Kecakapan dasar umum (intelejensi atau kecerdasan)
C.P. Chaplin (1975) memberikan pengertian inteligensi sebagai kemampuan menghadapi dan menyesuaikan diri terhadap situasi baru secara cepat dan efektif. Pada awalnya teori inteligensi masih bersifat unidimensional (kecerdasan tunggal), yakni hanya berhubungan dengan aspek intelektual saja, seperti teori inteligensi yang dikemukakan oleh Charles Spearman (1904) dengan teori “Two Factors”-nya. Menurut pendapatnya bahwa inteligensi terdiri dari kemampuan umum yang diberi kode “g” (genaral factor) dan kemampuan khusus yang diberi kode “s” (specific factor). Selanjutnya, Thurstone (1938) mengemukakan teori “Primary Mental Abilities”, bahwa inteligensi merupakan penjelmaan dari kemampuan primer, yaitu :
 (1) kemampuan berbahasa (verbal comprehension);
(2) kemampuan mengingat (memory);
 (3) kemampuan nalar atau berfikir (reasoning);
(4) kemampuan tilikan ruangan (spatial factor);
 (5) kemampuan bilangan (numerical ability);
 (6) kemampuan menggunakan kata-kata (word fluency);
 (7) kemampuan mengamati dengan cepat dan cermat (perceptual speed).
Sementara itu, J.P. Guilford mengemukakan bahwa inteligensi dapat dilihat dari tiga kategori dasar atau “faces of intellect”, yaitu:
(a). Operasi Mental (Proses Befikir)
  1. Cognition (menyimpan informasi yang lama dan menemukan informasi yang baru).
  2. Memory Retention (ingatan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari).
  3. Memory Recording (ingatan yang segera).
  4. Divergent Production (berfikir melebar=banyak kemungkinan jawaban/ alternatif).
  5. Convergent Production (berfikir memusat= hanya satu kemungkinan jawaban/alternatif).
  6. Evaluation (mengambil keputusan tentang apakah suatu itu baik, akurat, atau memadai).
      (b). Content (Isi yang Dipikirkan)
  1. Visual (bentuk konkret atau gambaran).
  2. Auditory.
  3. Word Meaning (semantic).
  4. Symbolic (informasi dalam bentuk lambang, kata-kata atau angka dan notasi musik).
  5. Behavioral (interaksi non verbal yang diperoleh melalui penginderaan, ekspresi muka atau suara).
                  (c) . Product (Hasil Berfikir)
  1. Unit (item tunggal informasi).
  2. Kelas (kelompok item yang memiliki sifat-sifat yang sama).
  3. Relasi (keterkaitan antar informasi).
  4. Sistem (kompleksitas bagian saling berhubungan).
  5. Transformasi (perubahan, modifikasi, atau redefinisi informasi).
  6. Implikasi (informasi yang merupakan saran dari informasi item lain).
Belakangan ini banyak orang menggugat tentang kecerdasan intelektual (unidimensional), yang konon dianggap sebagai anugerah yang dapat mengantarkan kesuksesan hidup seseorang. Pertanyaan muncul, bagaimana dengan tokoh-tokoh dunia, seperti Mozart dan Bethoven dengan karya-karya musiknya yang mengagumkan, atau Maradona dan Pele sang legenda sepakbola dunia,. Apakah mereka termasuk juga orang-orang yang genius atau cerdas ? Dalam teori kecerdasan tunggal (uni-dimensional), kemampuan mereka yang demikian hebat ternyata tidak terakomodasikan. Maka muncullah, teori inteligensi yang berusaha mengakomodir kemampuan-kemampuan individu yang tidak hanya berkenaan dengan aspek intelektual saja. Dalam hal ini, Howard Gardner (1993), mengemukakan teori Multiple Inteligence, dengan aspek-aspeknya sebagai berikut :
  1. Logical – Mathematical; kepekaan dan kemampuan untuk mengamati pola-pola logis dan bilangan serta kemampuan untuk berfikir rasional.
  2. Linguistic; kepekaan terhadap suara, ritme, makna kata-kata, dan keragaman fungsi-fungsi bahasa.
  3. Musical; kemampuan untuk menghasilkan dan mengapresiasikan ritme. Nada dan bentuk-bentuk ekspresi musik.
  4. Spatial; Kemampuan mempersepsi dunia ruang-visual secara akurat dan melakukan tranformasi persepsi tersebut.
  5. Bodily Kinesthetic; kemampuan untuk mengontrol gerakan tubuh dan mengenai objek-objek secara terampil.
  6. Interpersonal; kemampuan untuk mengamati dan merespons suasana hati, temperamen, dan motivasi orang lain.
  7. Intrapersonal; kemampuan untuk memahami perasaan, kekuatan dan kelemahan serta inteligensi sendiri.
Kecakapan potensial seseorang hanya dapat dideteksi dengan mengidentifikasi indikator-indikatornya. Jika kita perhatikan penjelasan tentang aspek-aspek inteligensi dari teori-teori inteligensi di atas, maka pada dasarnya indikator kecerdasan akan mengerucut ke dalam tiga ciri yaitu : kecepatan (waktu yang singkat), ketepatan (hasilnya sesuai dengan yang diharapkan) dan kemudahan (tanpa menghadapi hambatan dan kesulitan yang berarti) dalam bertindak. Dengan indikator-indikator perilaku inteligensi tersebut, para ahli mengembangkan instrumen-instrumen standar untuk mengukur perkiraan kecakapan umum (kecerdasan) dan kecakapan khusus (bakat) seseorang.
Alat ukur inteligensi yang paling dikenal dan banyak digunakan di Indonesia ialah:
(1). Tes Binet Simon – walaupun sebetulnya menurut hemat penulis alat ukur tersebut masih terbatas untuk mengukur inteligensi atau bakat persekolahan (scholastic aptitude), belum dapat mengukur aspek – aspek inteligensi secara keseluruhan (multiple inteligence).
(2) tes intelegensi yang bersifat lintas budaya yaitu Tes Progressive Metrices (PM) yang dikembangkan oleh Raven.
Dari hasil pengukuran inteligensi tersebut dapat diketahui seberapa besar tingkat integensi (biasa disebut IQ = Intelligent Quotient yaitu ukuran kecerdasan dikaitkan dengan usia seseorang.
Selain menggunakan instrumen standar, seorang guru pada dasarnya dapat pula mendeteksi dan memperkirakan inteligensi peserta didiknya, melalui pengamatan yang sistematis tentang indikator – indikator kecerdasan yang dimiliki para peserta didiknya, yaitu dengan cara memperhatikan kecenderungan kecepatan ketepatan, dan kemudahan peserta didik dalam dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dan mengerjakan soal-soal pada saat ulangan atau ujian, sehingga pada akhirnya akan diketahui kelompok peserta didik yang tergolong cepat (upper group), rata-rata (midle group) dan lambat (lower group) dalam belajarnya.
b). Kecakapan dasar khusus (Bakat atau Aptitude)
Untuk mengukur bakat seseorang, dapat menggunakan beberapa instrumen standar, diantaranya :
1. DAT (Differential Aptitude Test),
2. SRA-PMA (Science Research Action – Primary Mental Ability),
3. FACT (Flanagan Aptitude Calassification Test).
Alat tes ini dapat mengungkap tentang :
(1) pemahaman kata;
(2) kefasihan mengungkapkan kata;
(3) pemahaman bilangan;
(4) tilikan ruangan;
(5) daya ingat;
(6) kecepatan pengamatan;
 (7) berfikir logis; dan
 (8) kecakapan gerak.
Perlu dicatat bahwa pengukuran tersebut, baik menggunakan instrumen standar atau hanya berdasarkan pengamatan sistematis guru bukanlah bersifat memastikan tingkat kecerdasan atau bakat seseorang namun hanya sekedar memperkirakan (prediksi) saja, untuk kepentingan pengembangan diri. Begitu juga kecerdasan atau bakat seseorang bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan tingkat keberhasilan atau kesuksesan hidup seseorang.

2. Non Kognitif
a. Tes Proyektif
Merupakan cara yang mengatur dan menilai kepribadian. Orang yang dinilai akan memrediksikan dirinya melalui gambar dan atau hal-hal lain yang dilakukannya. Tes proyektif pada dasarnya memberi peluang kepada testee untuk memberikan makna atau arti atas hal yang disajikan, tidak ada pemaknaan yang dianggap benar atau salah.
Jika kepada subjek diberikan tugas yang menuntut penggunaan imajinasi, kita dapat menganalisa hasil fantasinya untuk mengukur cara dia merasa dan berfikir. Jika me;lakukan kegiiatan yang bebas orang cenderung menunjujkkan dirinya, memantulkan (proyeksi) kepribadiannya untuk melakukan tugas yang kreatif, jenis tes uyang termasuk tes proyektif adalah:
1). Tes Rorschach,
Dikembangkan leh seorang dokter psikiatrik Swiss, Herman Rosschach pada tahun 1920-an, terdiri atas sepuluh kartu yang masing-masing menampilkan bercak tinta yang agak kompleks. Sebagian bercak itu berwarna dan sebagiannya lagi berwarna hitam putih. Kartu-kartu tersebut diperlihatkan kepada mereka yang mengalami percobaan dalam urutan yang sama. Mereka dirugaskan untuk menceritakan hal apa yang terlihatnya tergambar dalam noda-noda tinta itu. Meskipun noda-noda itu secara objektif sama bagi semua peserta, jawaban yang mereka berikan berbeda satu sama lain. Ini menunjukkan bahwa mereka yang mengalami percobaan itu memproyeksikan sesuatu dalam noda-noda itu. Analisis dari sifat jawaban yang diberikan peserta itu memberikan petunjuk mengenai susunan kepribadiannya.
2). Tes Apersepsi Tematik (Thematic Apperseption Test/TAT),
Dikembangkan oleh di Harvard University oleh Hendry Murray pada tahun 1930-an. TAT mempergunakan suatu seri gambar-gambar. Sebagian adalah reproduksi lukisan-lukisan, sebagian lagi kelihatan sebagai ilustrasi buku atau majalah. Para peserta diminta mengarang sebuah cerita mengenai tiap-tiap gambar yang diperlihatkan kepadanya. Mereka diminta membuat sebuah cerita mengenai latar belakang dari kejadian yang menghasilkan adegan pada  setiap gambar, mengenai pikiran dan perasaan yang dialami oleh orang-orang didalam gambar itu, dan bagaimana itu akan berakhir.Dalam menganalisis respon terhadap terhadap kartu TAT, ahli psikologi melihat tema yang berulang yang bias mengungkapkan kebutuhan motif atau karakteristik cara seseorang melakukan hubungan antar pribadinya.

b. Tes Inventory
Inventory kepribadian adalah kuesioner yang mendorong individu untuk melaporka reaksi atau perasaannya dalam situasi tertentu. Kuesioner ini mirip wawancara terstruktur dan ia menanyakan pertanyaan yang sama untuk setiap orang, dan jawaban biasanya diberikan dalam bentuk yang mudah dinilai, sering kali dengan bantuan computer. Menurut Atkinson dan kawan-kawan inventory kepribadian mungkin dirancang untuk menilai dimensi tunggal kepribadian (misalnya, tingkat kecemasan) atau beberapa sifat kepribadian secara keseluruhan. Inventory kepribadian yang terkenal dan banyak digunakan untuk menilai kepribadian seseorang ialah :
1). Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI).
 MMPI dikembangkan guna membantu klinis dalam mendiagnosis gangguan kepribadian. Para perancang tes tidak menentukan sifat mengukurnya, tetapi memberikan ratusan pertanyaan tes untuk mengelompokkan individu. Tiap kelompok diketahui berbeda dari normalnya menurut criteria tertentu. Kelompok criteria terdiri atas individu yang telah dirawat dengan diagnosis gangguan paranoid. Kelompok control terdiri atas orang yang belum pernah didiagnosis menderita masalah psikistrik, tetapi mirip dengan kelompok criteria adalah hal usia, juenis kelamin, status sosio ekonomi dan variable penting lainnya.
b). Rorced Choice Inventories (Inventory Pilihan Paksa).
 Termasuk klasifikasi tes yang Volunter. Suatu tes dikatakan volunteer jika subjek dapat memilih pilihan yang lebih disukai, dan tahu bahwa semua pilihan itu benar, tidak ada yang salah (Muhadjir, 1992). Subjek, dalam hal ini diminta mamilih pilihan yang lebih disukai, lebih sesuai, lebih cocok dengan minatnya, sikapnya atau pandangan hidupnya. 
      c).  Human Wadsworth Temperament Scale (H-W Temperament  Scale),
Dikembangkan dari teori kepribadian Rusanoff (Muhadjir, 1992). Menurutnya kepribadian memiliki 6 komponen, yang lebih banyak bertolak dari keragaman abnormal, yaitu:
1.      Schizouid Autistic, mempunyai tendensi tak konsisten, berpikirnya lebih kearah khayalan.
2.      Schizoid paranoid, mempunyaio tendensi tak konsisten, dengan angan bahwa dirinya penting.
3.      Cycloid Manik, emosinya tidak stabil dengan semangat yang berkobar.
4.      Cycloid Depress, emosinya tidak stabil dengan retardasi dan pesimisme.
5.      Hysteroid, ketunaan watak berbatasan dengan tendensi criminal.
6.      Epileptoid, antusiasme dan aspirasi yang bergerak terus.
H-W Temperament Scale tersusun dala sejumlah item yang berfungsi untuk memilahkan kelompok yang patologik dari kelompok penderita histeroid, misalnya diasumsikan memiliki mental criminal.
c. Tekniknya
1.      Observasi Direch
Observasi Direch bnerbeda dengan observasi biasa. Observasi direc mempunyai sasaran khusus, sedangkan observasi biasa mengamati seluruh tingkah laku subjek. Observasi direc memilih situasi tertentu, yaitu saat dapat diperkirakan munculnya indicator dari cirri-ciri yang tidak diteliti, sedangkan observasi biasa mungkin tidadak merencanakan untuk memilih waktu. Observasi Direc dilaksanakan dalan situasi terkontrol, dapat diulang atau dapat dubuat replikasinya. Misalnya pada saat berpidato, sibik bekerja, ada 3 tipe metode dalam observasi direc, yaitu:
a.       Time Sampling Method
b.      Incident Sampling Method
c.       Metode buku harian terkontrol

2.      Wawancara
Menilai kepribadian dengan wawancara berarti mengadakan tatap muka dan berbicara dari hati kehati dengan orang yang dinilai. Dalam kepribadian orang mulai mengembangkan 2 jenis wawancara, yakni:

a.       Stres Interview, digunakan untuk mengetahui sejauh mana seseorang dapat bertahan terhadap hal-hal yang dapat mengganggu emosinya dan juga  untuk mengetahui seberapa lama seseorang dapat kembali menyeimbangkan emosinya setelah tekanan-tekanan ditiadakan. Interviewer ditugaskan untuk mengerjakan sesuatu yang mudah, kemudian dilanjutkan dengan sesuatu yang lebih sukar.

b.      Exhaustive Interview, merupakan cara interview yang berlangsung sangat lama, diselenggarakan nonstop. Cara ini bias digunakan untuk meneliti para tersangka dibidang criminal dan sebagai pemeriksaan taraf ketiga.



















TEORI

Teori: Cara Pengukuran Persepsi Mahasiswa Terhadap Profesi Pendidik





 Ciri-ciri profesi menurut Arikunto (1996) meliputi: 1) sebuah profesi dilandasi pengetahuan yang kuat dan menjurus pada bidang spesialisasi tertentu, 2) sebagai konsekuensi dari ciri pertama sebuah profesi harus didukung oleh kompetensi individual, 3) sebuah profesi menuntut dilakukannya suatu seleksi dan sertifikasi, 4) untuk menjaga dan mengembangkan kompetensi, diantara sesama profesi biasa terjadi kerjasama sekaligus kompetisi yang sehat, 5) dalam setiap profesi para anggota memiliki kesadaran profesional dan bertanggung jawab penuh dalam melaksanakan tugas profesionalnya, 6) terdapat kode etik profesi berupa nilai-nilai moral yang selalu dijunjung tinggi dan menjadi landasan bagi pemiliknya dalam bertindak, 7) adanya sangsi untuk menjamin berlakunya kode etik yang sudah ditetapkan, 8) setiap anggota profesi gigih dalam memperjuangkan diri dan meningkatkan kemampuan profesionalnya, dan 9) terdapat lebih dari satu organisasi profesi serupa sebagai wahana untuk bekerjasama dalam upaya mengembangkan diri.     Menurut Muhyadi (1989) persepsi seseorang dalam menangkap informasi dan peristiwa-peristiwa dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu: 1) orang yang membentuk persepsi, 2) stimulus yang berupa obyek maupun peristiwa tertentu, dan 3) stimulasi dimana pembentukan persepsi itu terjadi baik tempat, waktu maupun suasana. Sedangkan Siagian (1995) mengemukakan bahwa komponen-komponen yang mempengaruhi persepsi ada tiga faktor, yaitu: pertama, pelaku persepsi. apabila seorang individu memandang suatu obyek dan mencoba menafsirkan apa yang dilihatnya, penafsiran itu sangat dipengaruhi oleh karakteristik pribadi dari pelaku persepsi individu itu, seperti sikap, motif, kepentingan, minat, pengalaman dan harapan. Kedua, sasaran/obyek. Karakteristik dari target yang akan diamati dapat mempengaruhi apa yang dipersepsikan, sasaran itu mungkin berupa orang, benda atau peristiwa. Dan ketiga, situasi. Unsur lingkungan sekitarnya bisa mempengaruhi persepsi kita. Jadi persepsi harus dilihat secara kontekstual, artinya dalam situasi mana persepsi itu timbul perlu mendapat perhatian.    Feldman (1990) mengemukakan bahwa komponen persepsi terdiri atas tiga indikator, yaitu: 1) pelaku persepsi, 2) sasaran persepsi, 3) situasi dimana dilakukan persepsi. Hampir sama dengan apa yang dikemukakan Feldman, Robbins (1998) mengemukakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi ada tiga, yaitu: 1) pelaku persepsi, karena dipengaruhi oleh karakteristik individu yang turut berpengaruh seperti sikap, motif, kepentingan, minat, pengalaman dan harapan, 2) obyek/ target yang dipersepsikan, misalnya penampilan yang mencolok lebih menarik perhatian, dan 3) situasi dimana persepsi itu dilakukan.
    Dengan demikian, persepsi mahasiswa terhadap profesi pendidik adalah suatu aktivitas mental mahasiswa dalam proses pengorganisasian dan penerjemahan kesan-kesan, penilaian, dan pendapat dalam merasakan serta menginterpretasikan profesi pendidik berdasarkan informasi yang ditampilkan orang yang berprofesi sebagai pendidik. Persepsi mahasiswa terhadap profesi pendidik itu berbeda untuk masing-masing mahasiswa sesuai dengan hasil pengalaman mahasiswa tersebut, latar pendidikan, dan karakter psikologi. Adapun komponen-komponennya adalah sebagai berikut: 1) sikap positif terhadap profesi pendidik, 2) persepsi terhadap kepentingan profesi pendidik,
3) persepsi terhadap pengharapan, 4) latar belakang profesi pendidik ,
5) landasan profesi pendidik , 6) tanggung jawab terhadap profesi pendidik,
7) profesi pendidik berorientasi pada pelayanan, 8) profesi pendidik selalu dibutuhkan, dan 9) profesi pendidik memerlukan kedisiplinan.
Feldman (1990).  

guide obs n interview









Tabel 1
Pedoman observasi (guide observation) gejala down syndrom
Aspek
Indikator
Gejala fisik
1.      Tinggi badan
2.      Bentuk muka
3.      Bentuk mata
4.      Bentuk bibir
5.      Bentuk hidung
6.      Ukuran lidah
7.      Bentuk tangan dan kaki
8.      Bentuk dan ukuran jari (tangan dan kaki)
9.      Penyakit bawaan
Gejala mental
1.      Golongan IQ
2.      Penyesuaian sosial
3.      Kemampuan motorik kasar
4.      Kemampuan motorik halus
5.      Agresifitas
6.      Kemandirian
7.      Perkembangan emosional

Pedoman observasi (guide observation) sikap ibu terhadap anak berdasarkan aspek penerimaan orang tua dari teori Zuck (dalam Ningrum, 2007) dan teori Musen, dkk (dalam Ningrum, 2007)
Aspek
Indikator
Aspek penerimaan ibu berdasarkan teori Zuck
1.      Memperlihatkan kecemasan yang minimal dalam kehadiran anak
2.      Memperlihatkan keadaan membela diri yang minimal tentang keterbatasan anak
3.      Tidak ada penolakan yang jelas pada anak maupun membantu perkembangan kepercayaan yang lebih
Aspek penerimaan ibu berdasarkan teori Musen, dkk
1.      Adanya kontrol
2.      Tuntutan kematangan, tekanan pada anak untuk melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuan intelektual, sosial, dan emosional
3.      Komunikasi antara orang tua dan anak
4.      Pengasuhan orang tua, meliputi kehangatan (cinta, perhatian, dan keharuan) dan keterbukaan (pujian dan kesenangan dalam prestasi anak)


Tabel 3
Tabel pedoman pertanyaan wawancara (guide interview)
latar belakang keluarga dan pendidikan subjek
Aspek
Indikator
a.  Latar belakang riwayat hidup subjek
1.      Jumlah subjek bersaudara
2.      Subjek anak keberapa?
3.      Usia subjek sekarang
4.      Suku bangsa subjek
5.      Hubungan subjek dengan keluarga
6.      Hubungan subjek dengan suami
7.      Hubungan subjek dengan keluarga suami
8.      Apakah ada orang tua, saudara, anak dari saudara atau keluarga orang tua yang mengalami down syndrome atau retardasi mental?
9.      Apakah ada orang tua, saudara, anak dari saudara atau keluarga orang tua suami yang mengalami down syndrome atau retardasi mental?
10.  Pada usia berapa subjek melahirkan anak yang mengalami gangguan down syndrome?
11.  Pada usia berapa subjek mengetahui gangguan yang dialami oleh anaknya?
12.  Bagaimana subjek mengetahui gangguan yang dialami anak?
13.  Jumlah anak subjek
14.  Hubungan antara anak yang mengalami down syndrome dengan saudaranya.
b.      Latar belakang pendidikan subjek
1.      Pendidikan terakhir subjek
2.      Pekerjaan subjek
3.      Sosialisasi subjek dengan rekan-rekan di kantor atau tempat kerja
4.      Hubungan subjek denga tetangga




Tabel 4
Pedoman interview (guide interview) aspek penerimaan ibu terhadap anak down syndrome berdasarkan teori dari Porter (dalam Ningrum, 2007)
Aspek
Indikator
1.   Menghargai anak sebagai individu dengan segenap perasaan mengakui hak-hak anak dan memenuhi kebutuhan untuk mengekspresikan perasaan.
1.      Bagaimana subjek menyikapi permintaan anak.
2.      Pengetahuan subjek mengenai hak dan kewajiban anak.
3.      Sikap subjek terhadap kebebasan anak dalam memberikan pendapat.
4.      Apakah subjek melibatkan anak dalam kegiatan yang akan dilakukan bersama keluarga?
5.      Sikap subjek jika anak bermain di lingkungan rumah.
6.      Sikap subjek terhadap pilihan anak
2.   Menilai anaknya sebagai diri yang unik
1.      Pandangan subjek terhadap kondisi anak.
2.      Tanggapan subjek tentang perbedaan yang dimiliki anaknya dengan anak-anak normal lainnya.
3.      Pengetahuan subjek terhadap kekurangan dan kelebihan anak.
3.   Mengenal kebutuhan-kebutuhan anak
1.      Solusi yang dilakukan subjek untuk mengatasi permasalahan dan keterbatasan yang dialami oleh anak.
4.   Mencintai anak tanpa syarat
1.      Apakah subjek selalu menemani anak di sekolah?
2.      Harapan subjek terhadap anak?







Tabel 5
Pedoman wawancara (guide interview) pada key person (guru) tentang sikap ibu terhadap anak berdasarkan aspek penerimaan orang tua dari Zuck (dalam Ningrum, 2007) dan Musen, dkk (dalam Ningrum, 2007)
Aspek
Indikator
Aspek penerimaan ibu berdasarkan teori Zuck
1.      Apakah subjek memperlihatkan kecemasan yang berlebihan?
2.      Pembelaan subjek terhadap keterbatasan yang dimiliki anak
3.      Apakah terlihat indikasi subjek menolak anak?
Aspek penerimaan ibu berdasarkan teori Musen, dkk
1.      Bagaimana subjek mengontrol perkembangan anak?
2.      Apakah subjek membiarkan anaknya melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuan anak?
3.      Apakah ada komunikasi yang jelas antara anak dan subjek?
4.      Apakah subjek sering memberikan pujian pada anak?
5.      Apakah subjek terlihat memberikan perhatian yang hangat?



Tabel 6
Pedoman wawancara (guide interview) pada key person (guru) tentang kemampuan anak dengan gangguan down syndrom
Aspek
Indikator
Kemampuan anak dengan gangguan down syndrome
1.      Tingkat IQ anak
2.      Hubungan anak dengan teman-temannya
3.      Perkembangan kemampuan motorik kasar anak
4.      Perkembangan kemampuan motorik halus anak
5.      Agresivitas yang terlihat dari anak
6.      Kemandirian anak
7.      Perkembangan emosional anak?
8.      Apakah anak terlihat selalu gembira?
9.      Apakah anak terlihat sering marah atau mengamuk?