Rabu, 05 Januari 2011

guide obs n interview









Tabel 1
Pedoman observasi (guide observation) gejala down syndrom
Aspek
Indikator
Gejala fisik
1.      Tinggi badan
2.      Bentuk muka
3.      Bentuk mata
4.      Bentuk bibir
5.      Bentuk hidung
6.      Ukuran lidah
7.      Bentuk tangan dan kaki
8.      Bentuk dan ukuran jari (tangan dan kaki)
9.      Penyakit bawaan
Gejala mental
1.      Golongan IQ
2.      Penyesuaian sosial
3.      Kemampuan motorik kasar
4.      Kemampuan motorik halus
5.      Agresifitas
6.      Kemandirian
7.      Perkembangan emosional

Pedoman observasi (guide observation) sikap ibu terhadap anak berdasarkan aspek penerimaan orang tua dari teori Zuck (dalam Ningrum, 2007) dan teori Musen, dkk (dalam Ningrum, 2007)
Aspek
Indikator
Aspek penerimaan ibu berdasarkan teori Zuck
1.      Memperlihatkan kecemasan yang minimal dalam kehadiran anak
2.      Memperlihatkan keadaan membela diri yang minimal tentang keterbatasan anak
3.      Tidak ada penolakan yang jelas pada anak maupun membantu perkembangan kepercayaan yang lebih
Aspek penerimaan ibu berdasarkan teori Musen, dkk
1.      Adanya kontrol
2.      Tuntutan kematangan, tekanan pada anak untuk melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuan intelektual, sosial, dan emosional
3.      Komunikasi antara orang tua dan anak
4.      Pengasuhan orang tua, meliputi kehangatan (cinta, perhatian, dan keharuan) dan keterbukaan (pujian dan kesenangan dalam prestasi anak)


Tabel 3
Tabel pedoman pertanyaan wawancara (guide interview)
latar belakang keluarga dan pendidikan subjek
Aspek
Indikator
a.  Latar belakang riwayat hidup subjek
1.      Jumlah subjek bersaudara
2.      Subjek anak keberapa?
3.      Usia subjek sekarang
4.      Suku bangsa subjek
5.      Hubungan subjek dengan keluarga
6.      Hubungan subjek dengan suami
7.      Hubungan subjek dengan keluarga suami
8.      Apakah ada orang tua, saudara, anak dari saudara atau keluarga orang tua yang mengalami down syndrome atau retardasi mental?
9.      Apakah ada orang tua, saudara, anak dari saudara atau keluarga orang tua suami yang mengalami down syndrome atau retardasi mental?
10.  Pada usia berapa subjek melahirkan anak yang mengalami gangguan down syndrome?
11.  Pada usia berapa subjek mengetahui gangguan yang dialami oleh anaknya?
12.  Bagaimana subjek mengetahui gangguan yang dialami anak?
13.  Jumlah anak subjek
14.  Hubungan antara anak yang mengalami down syndrome dengan saudaranya.
b.      Latar belakang pendidikan subjek
1.      Pendidikan terakhir subjek
2.      Pekerjaan subjek
3.      Sosialisasi subjek dengan rekan-rekan di kantor atau tempat kerja
4.      Hubungan subjek denga tetangga




Tabel 4
Pedoman interview (guide interview) aspek penerimaan ibu terhadap anak down syndrome berdasarkan teori dari Porter (dalam Ningrum, 2007)
Aspek
Indikator
1.   Menghargai anak sebagai individu dengan segenap perasaan mengakui hak-hak anak dan memenuhi kebutuhan untuk mengekspresikan perasaan.
1.      Bagaimana subjek menyikapi permintaan anak.
2.      Pengetahuan subjek mengenai hak dan kewajiban anak.
3.      Sikap subjek terhadap kebebasan anak dalam memberikan pendapat.
4.      Apakah subjek melibatkan anak dalam kegiatan yang akan dilakukan bersama keluarga?
5.      Sikap subjek jika anak bermain di lingkungan rumah.
6.      Sikap subjek terhadap pilihan anak
2.   Menilai anaknya sebagai diri yang unik
1.      Pandangan subjek terhadap kondisi anak.
2.      Tanggapan subjek tentang perbedaan yang dimiliki anaknya dengan anak-anak normal lainnya.
3.      Pengetahuan subjek terhadap kekurangan dan kelebihan anak.
3.   Mengenal kebutuhan-kebutuhan anak
1.      Solusi yang dilakukan subjek untuk mengatasi permasalahan dan keterbatasan yang dialami oleh anak.
4.   Mencintai anak tanpa syarat
1.      Apakah subjek selalu menemani anak di sekolah?
2.      Harapan subjek terhadap anak?







Tabel 5
Pedoman wawancara (guide interview) pada key person (guru) tentang sikap ibu terhadap anak berdasarkan aspek penerimaan orang tua dari Zuck (dalam Ningrum, 2007) dan Musen, dkk (dalam Ningrum, 2007)
Aspek
Indikator
Aspek penerimaan ibu berdasarkan teori Zuck
1.      Apakah subjek memperlihatkan kecemasan yang berlebihan?
2.      Pembelaan subjek terhadap keterbatasan yang dimiliki anak
3.      Apakah terlihat indikasi subjek menolak anak?
Aspek penerimaan ibu berdasarkan teori Musen, dkk
1.      Bagaimana subjek mengontrol perkembangan anak?
2.      Apakah subjek membiarkan anaknya melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuan anak?
3.      Apakah ada komunikasi yang jelas antara anak dan subjek?
4.      Apakah subjek sering memberikan pujian pada anak?
5.      Apakah subjek terlihat memberikan perhatian yang hangat?



Tabel 6
Pedoman wawancara (guide interview) pada key person (guru) tentang kemampuan anak dengan gangguan down syndrom
Aspek
Indikator
Kemampuan anak dengan gangguan down syndrome
1.      Tingkat IQ anak
2.      Hubungan anak dengan teman-temannya
3.      Perkembangan kemampuan motorik kasar anak
4.      Perkembangan kemampuan motorik halus anak
5.      Agresivitas yang terlihat dari anak
6.      Kemandirian anak
7.      Perkembangan emosional anak?
8.      Apakah anak terlihat selalu gembira?
9.      Apakah anak terlihat sering marah atau mengamuk?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar